- Home >
- JARINGAN ETHERNET - Mr.Hi-Kun
Posted by : Keselamatan kerja osha
Jumat, 12 Januari 2018
JARINGAN ETHERNET
Jarigan Ethernet adalah jaringan
standard LAN yang sangat popular dalam jaringan komputer.
Jaringan Ethernet menjadi jaringan
LAN standard yang sangat popular saat ini. Dibanding dengan kompetitornya di
masa 20 tahun yang lalu yaitu jaringan Token Ring, jaringan Ethernet telah
memenangkan pertarungan ini dikarenakan sifat / karakteristic superiornya;
kemudahan dan biaya murah tapi handal. Sehingga jaringan Ethernet lebih banyak
dipakai pada jaringan local LAN maupun jaringan LAN yang terhubung dan
membentuk jaringan WAN. Dari spesifikasi komersil aslinya dengan kemampuan
transfer data hanya sampai 10 Mbps, sampai jaringan Ethernet dengan kemampuan
10 Gigabit per-second sekarang ini, jaringan Ethernet telah berevolusi dan
menjadi protocol Ethernet paling popular sejauh ini.
Jaringan Ethernet mendefinisikan
kedua layer 1 (Physical layer) dan layer2 (Data Link Layer) dari model
referensi OSI. Layer Phyisical dan Data link layer bekerja bersama-sama untuk
memberikan fungsi pengiriman data melewati berbagai jenis jaringan fisik.
Beberapa detail fungsi fisik harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum suatu
komunikasi terjadi, seperti kabel jaringan, jenis-2 konektor yang dipakai pada
ujung-2 kabel, dan begitu juga level voltage dan arus yang dipakai untuk encode
binary 0 dan 1.
Data Link layer mendifinisikan protocol-2 atau aturan-2 untuk
menentukan kapan suatu komputer boleh menggunakan jaringan fisik saat komputer
tidak seharusnya menggunakan jaringan, dan bagaimana untuk mengetahui error
yang terjadi selama transmisi data.
Istilah Ethernet merujuk kepada keluarga protocol dan
standards yang secara ber-sama-2 mendifinisikan layer physical dan Data link dari
jenis LAN yang paling popular. Ada Banyak varian Ethernet yang meliputi:
1. 10 Base-T
2. Fast Ethernet
3. Gigabit Ethernet
Jaringan
Ethernet 10Base-T
Jaringan Ethernet 10-baseT
mengijinkan kita memakai kabel telpon yang sudah ada, atau kabel yang lebih
murah jika dibutuhkan kabel baru. Jaringan Ethernet 10-BaseT menggunakan
piranti apa yang disebut HUB. Jaringan fisik Ethernet 10-BaseT
menggunakanEthernet Card atau NIC (Network Interface Card) pada komputer,
perkabelan dan sebuah HUB (yang merupakan salah satu piranti jaringan yang
paling kuno).
HUB yang dipakai pada jaringan
Ethernet 10-BaseT pada dasarnya adalah Repeater multiport. Hal ini berarti
bahwa HUB adalah semata-2 piranti penguat sinyal elektrik yang masuk kepada
salah satu port dan disebarkan ke seluruh port dari HUB tersebut, sehingga
tabrakan (collision) sangat mungkin saja terjadi.
Perkabelan
jaringan Ethernet 10Base-T
Jaringan Ethernet 10-BaseT
menggunakan kabel UTP Category 5 dengan konektor RJ-45.
Kabel yang dipakai untuk menghubungkan komputer kepada HUB
menggunakan kabel Straight-through
Kabel yang menghubungkan antar HUB menggunakan kabel cross.
Diagram Cabling - Jaringan Ethernet
Diagram
Cabling – Jaringan Ethernet
Pada beberapa jenis HUB atau Switch
sekarang ini telah menggunakan Autosensing – yang mengenali jenis kabel anda,
jadi tidak harus menggunakan kabel cross – cukup menggunakan kabel straight
through untuk semua sambungan.
Collision
menjadi masalah kinerja HUB
Jaringan Ethernet 10-Base2;
10Base5; dan 10BaseT tidak akan bisa berjalan tanpa adanya CSMA/CD. Akan tetapi
dengan algoritma CSMA/CD, Ethernet menjadi lebih tidak effisien pada beban yang
lebih tinggi, Ethernet akan menjadi lambat saat beban jaringan mulai melebihi
pemakaian 30%.
Bagaimana CSMA/CD logic membantu
menjaga terjadinya collision (tabrakan) begitu juga bagaimana dia bereaksi jika
suatu tabrakan terjadi. Layaknya jalan raya dua arah, begitu juga yang terjadi
pada jaringan HUB yang rentan terjadi tabrakan. Algoritma CSMA/CD bisa
dijelaskan sebagai berikut:
1. Suatu piranti jaringan dengan frame data yang akan
dikirim, terlebih dahulu mendengarkan jaringan apakah sedang sepi atau tidak.
2. Jika jaringan Ethernet tidak lagi sibuk, pengirim mulai mengirimkan
frame data kepada jaringan.
3. Si pengirim mencermati untuk meyakinkan apakah terjadi
tabrakan atau tidak.
4. Segera saat si pengirim mengetahui terjadi suatu tabrakan,
mereka masing-2 mengirim sinyal Jamming (sinyal kemacetan jalur) untuk memastikan
bahwa semua stasiun mengetahui bahwa telah terjadi tabrakan.
5. Segera setelah sinyal jamming dikirim, setiap pengirim
menghitung (timer) secara random dan menunggu selama itu pula sebelum mereka
mulai mengirim frame kepada jaringan.
6. Jika timer sudah habis, maka proses dimulai lagi dari awal
steppertama, begitu seterusnya sampai berhasil mengirim suatu data frame kepada
alamat tertuju.
LAN Swith –
mengurangi collisions
Istilah Collision domain
mendifinisikan satu set piranti dalam suatu boundary yang memungkinkan data
frame terjadi collisions. Semua piranti pada suatu jaringan 10Base2, 10Base5,
dan 10Base-T yang menggunkaan HUB beresiko collisions antara frame yang mereka
kirimkan, makanya semua piranti jaringan yang ada pada salah jenis jaringan Ethernet
ini berada dalam satu collision domain.
Untuk itu muncullah LAN Switch yang
bisa mengatasi masalah collisions domain ini dan juga masalah algoritma CSMA/CD
dengan jalan menghilangan kemungkinan terjadinya collision. Tidak seperti HUB,
Switch tidak menciptakan shared bus, Swicth memperlakukan setiap port sebagai
sebuah bus yang terpisah. Switches menggunakan memory buffer untuk memegang
data frame yang datang, sehingga jika ada dua piranti yang tergubung pada
Switch secara bersamaan mengirimkan data, switch akan mengirim satu frame dan
memegang frame kedua kedalam memory buffer, kemudian menunggu untuk mengirim
frame kedua sampai frame pertama tadi selesai dikirim sehingga tidak akan
pernah terjadi collisions.
Full-Duplex
– menghilangkan collisions
Spesifikasi aslinya dari Ethernet
adalah menggunakan shared bus, dimana pada saat yang sama hanya ada satu frame
saja yang bisa dikirim atau lajim disebut sebagai Half-Duplex. LAN Switch
dengan hanya satu piranti untuk setiap port yang terhubung pada switch memungkinkan
operasi Full-Duplex. Full-Duplex berarti bahwa Ethernet card dapat mengirim dan
menerima frame secara bersamaan